Ahad 07 Sep 2014 11:11 WIB

Al Shabaab Somalia tunjuk Pemimpin Baru

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Erdy Nasrul
Militan Al Shabab
Militan Al Shabab

REPUBLIKA.CO.ID, MOGADISHU -- Kelompok militan Somalia al Shabaab menunjuk pemimpin baru setelah pemimpinnya Ahmed Godane tewas dalam serangan udara Amerika pekan ini.

Dalam pernyataannya, al Shabaab menegaskan mereka berafiliasi dengan Alqaidah. Mereka menunjuk  Sheikh Ahmad Umar Abu Ubaidah sebagai pemimpin yang baru. Kelompok ini juga mengancam akan membalas dendam kepada musuhnya.

Tidak banyak yang diketahui mengenai pemimpin yang baru ini. Seorang sesepuh setempat mengatakan Ubaidah bergabung dengan al Shabaab pada 2006 dan seperti Godane, dia berasal dari klan Dir.

Godane menjadi pemimpin pada 2008 menggantikan Aden Hashi Ayro yang juga tewas akibat serangan udara AS. Di bawah kepemimpinan Godane, kelompok ini berkembang lebih radikal dengan melakukan sejumlah pengeboman dan serangan bunuh diri di Somalia dan sekitarnya.

Dia secara terbuka mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Dia mengatakan hal itu merupakan balasan kepada pemerintah Kenya dan barat atas keterlibatan mereka di Somalia.

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement