Senin 08 Sep 2014 14:50 WIB

Menlu Australia Sebut ISIS tak Mungkin Dihancurkan

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Mansyur Faqih
Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop
Foto: Reuters
Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop

REPUBLIKA.CO.ID, MOSCOW -- Menlu Australia Julie Bishop tak yakin ISIS dapat dihapuskan dari muka bumi.

"Saya rasa hal itu tak mungkin. Apakah kita sudah berhasil menghancurkan Alqaeda?" katanya seperti dilansir Ria Novosti. 

Bishop menegaskan ISIS merupakan ideologi seperti halnya pasukan militer. Karenanya, tak mungkin menghapuskan kelompok radikal tersebut.

Sementara itu, ia mengatakan, tujuan awal Nato untuk menghentikan kelompok tersebut semakin menyebar di penjuru Suriah dan Irak. Termasuk melakukan pencegahan pembunuhan massal dan genosida. 

Ia juga mendukung pernyataan Presiden AS Barack Obama untuk menghancurkan segala kegiatan ISIS. Selama KTT Nato di Wales pekan lalu, Obama mengumumkan pembentukan koalisi internasional untuk menghancurkan ISIS.

Sejauh ini, koalisi tersebut melibatkan AS, Inggris, Prancis, Jerman, Kanada, Australia, Turki, Italia, Polandia, dan Denmark. Obama juga menyerukan kepada negara negara Arab agar bergabung melawan ISIS dan menolak kekerasan yang dilakukan kelompok itu. 

Kelompok ISIS terkenal dengan kekejamannya membunuh warga sipil. Mereka mendirikan negara Islam di daerah Suriah dan Irak. 

 

Ikuti informasi terkini seputar sepak bola klik di sini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement