Selasa 09 Sep 2014 12:43 WIB

Obama Beri Selamat kepada Abadi

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ichsan Emerald Alamsyah
Haidar Al-Abadi
Foto: www.theguardian.com
Haidar Al-Abadi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Setelah pemerintahan baru Irak yang dipimpin oleh Perdana Menteri Haidar al-Abadi disetujui, Barack Obama memberi ucapan selamat kepada Abadi. Ia berbicara dengan Abadi melalui sambungan telepon pada Senin.

Dalam pernyataan resminya, ia mengatakan Abadi telah menunjukan komitmen untuk bekerja sama dengan semua komunitas di Irak, regional, dan mitra internasionalnya. Upaya yang dilakukan untuk memperkuat dukungan melawan Daulah Islamiyah atau biasa disebut ISIS.

Dilansir dari BBC, Obama dijadwalkan akan membeberkan strateginya memerangi ISIS pada Rabu. Ia berulangkali menyatakan mengesampingkan kemungkinan operasi darat AS, namun tetap melakukan serangan udara terhadap ISIS di Irak.

Sementara itu, Menlu AS John Kerry dijadwalkan mengunjungi Timur Tengah untuk memperkuat dukungan koalisi melawan ISIS. Ia memulai kunjungannya ke Yordania dan Arab Saudi pada Selasa.

Ia pun mengatakan AS akan selalu siap mendukung Irak memerangi kelompok radikal tersebut. Sedangkan, Sekjen Liga Arab juga mendesak anggotanya untuk memerangi ISIS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement