Selasa 09 Sep 2014 18:54 WIB

Usai Perang Gaza, Popularitas Hamas Menanjak

Rep: C64/ Red: Ichsan Emerald Alamsyah
Anggota Hamas
Foto: ap
Anggota Hamas

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Berakhirnya pertempuran Gaza yang berlangsung selama tujuh pekan itu tidak menjadikan gerakan perlawanan Hamas melemah atau bahkan hancur. Justru Hamas semakin mendapat dukungan dari rakyat Palestina, baik yang ada di Gaza maupun Tepi Barat.

Berdasarkan jajak pendapat Associated Press, berakhirnya pertempuran justru membuat popularitas dan kebangkitan Hamas menanjka. Bahkan, jajak pendapat tersebut mengatakan, kepercayaan rakyat Palestina kepada Hamas lebih besar dibandingkan presiden Palestina Mahmoud Abbas saat ini  yang berafiliasi gerakan Fatah.

Jika mengingat kembali, Hamas mengambil alih Jalur Gaza pada 2007 silam dan mengusir pasukan Fatah dari daratan Gaza. Kemudian, hal tersebut menjadi pemicu perpecahan diantara keduanya.

Hingga April lalu, kedua pihak memutuskan untuk menandatangani kesepakatan pemerintah persatuan Palestina dan masih berjalan hingga saat ini. Gerakan yang berdiri pada 1987 lalu ini telah melalui berbagai pertempuran dengan pasukan Zionis Israel. Namun setiap pertempuran tak membuat kekuatan Hamas meredup.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement