Rabu 10 Sep 2014 23:52 WIB

Obama Siapkan Serangan Udara ke Suriah

Barack Obama
Foto: ap
Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat Barack Obama siap menyetujui serangan udara ke Suriah. Langkah ini sebagai bagian strategi untuk melawan Daulah Islamiyah atau ISIS.

Surat kabar The New York Times dan The Washington Post mengatakan bahwa Obama berniat memperluas serangan udaranya ke Suriah. Setelah satu bulan sebelumnya militer Amerika Serikat hanya membatasi target-target ISIS yang berada di wilayah Irak.

Dikutip dari New York Times, seorang pejabat senior mengatakan militan ISIS telah menguasai banyak wilayah di kedua negara.

Obama akan menjabarkan strateginya melawan IS saat menyampaikan pidatonya pada hari Rabu malam atau Kamis malam waktu Indonesia. Mantan Wakil Menteri Pertahanan Michele Flournoy, yang hadir dalam acara makan malam dengan Obama pada Senin, mengatakan bahwa presiden bertekad memerangi IS.

Bahkan dimanapun target ISIS sedang berada."Ini bukan sebuah organisasi yang menghormati batas-batas internasional, anda tidak boleh membiarkan mereka dengan sebuah tempat berlindung yang aman...Saya menduga dia (Obama) akan sangat berterus terang," ungkap Flournoy yang pensiun dari jabatannya pada 2012.

The New York Times mengatakan orang-orang yang memperoleh penjelasan terkait rencana presiden menggambarkan rencana serangan itu jauh lebih rumit. Khususnya jika dibandingkan dengan rencana serangan-serangan yang pernah dilaksanakan untuk melawan Al Qaeda di Yaman, Pakistan dan tempat-tempat lainnya.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement