Kamis 11 Sep 2014 07:30 WIB

Obama Berikrar Lancarkan Serangan Udara Untuk Tumpas ISIS

Gerakan ISIS
Foto: Youtube
Gerakan ISIS

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Presiden AS Barack Obama dijadwalkan menyampaikan pidato pada Rabu malam (10/9) waktu setempat kepada rakyat Amerika bahwa ia akan "memerangi pasukan Negara Islam (IS) dengan serangan udara di mana saja mereka berada".

"Aksi kontra-teror ini akan dilancarakan melalui upaya terus-menerus dan tanpa kenal lelah guna mengusir ISIL di mana pun mereka berada dengan menggunakan kekuatan udara kita dan dukungan kita buat pasukan mitra di lapangan," demikian kutipan pidato Obama.

Sejalan dengan kutipan tersebut, aksi militer AS akan bertujuan menurunkan dan benar-benar menghancurkan ISIL melalui strategi kontra-teror menyeluruh dan berkelanjutan, tapi itu takkan melibatkan pasukan tempur Amerika yang berperang di negara asing.

Obama pada Rabu menelepon Raja Arab Saudi Abdullah mengenai rencananya untuk memerangi gerilyawan IS, cuma beberapa jam sebelum pidatonya kepada masyarakat Amerika dan dunia mengenai ancaman Negara Islam.

Di dalam percakapan telepon mereka, kedua pemimpin itu membahas "keprihatinan bersama mereka" mengenai ancaman itu dan sepakat mengenai perlunya bagi "peningkatan pelatihan dan peralatan" kubu oposisi moderat Suriah, kata Gedung Putih di dalam satu pernyataan.

Kelompok fanatik tersebut pada penghujung Juni mengumumkan berdirinya kekhalifahan di daerah yang dikuasainya di Suriah dan Irak, dan telah memenggal dua wartawan Amerika.

Pesawat tempur AS telah membom posisi IS di Irak Utara sejak 8 Agustus, dan Obama menyetujui penerbangan pesawat pengintai di atas wilayah Suriah pada akhir Agustus.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry tiba di Wilayah Timur Tengah pada Rabu malam untuk melancarkan upaya membangun koalisi regional. Kerry dijadwalkan bertemu dengan timpalannya dari 10 negara Arab dan Turki di Kota Jeddah, Arab Saudi, Kamis.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement