Jumat 12 Sep 2014 16:00 WIB

Kelompok Militan Boko Haram Kuasai Maiduguri

Rep: C91/ Red: Djibril Muhammad
Dua bocah Nigeria berdiri dekat bangkai mobil bekas serangan bom yang diduga dilakukan oleh Boko Haram.
Foto: Reuters
Dua bocah Nigeria berdiri dekat bangkai mobil bekas serangan bom yang diduga dilakukan oleh Boko Haram.

REPUBLIKA.CO.ID, MAIDUGURI -- Kelompok militan Islam Nigeria, Boko Haram, mengepung Kota Maiduguri. Kota itu berada di timur laut negara bagian Borno.

Warga kota mengimbau, agar militer tetap membentengi kota berpenduduk lebih dari dua juta orang itu, demi mencegah serbuan dari berbagai penjuru.

BBC melaporkan, Boko Haram sudah menguasai beberapa daerah yang hanya berjarak 50 km dari Maiduguri. Kemudian mereka mendeklarasikan kekhalifahan di daerah yang dikuasainya bulan lalu.

"Pemerintah pusat tidak menunjukkan kemauan politik yang cukup untuk memerangi Boko Haram, dan menyelamatkan kami dari cengkeraman para pemberontak. Pada akhirnya nanti akan mengakibatkan kemusnahan penduduk Borno," tegas Borno Elders Forum (BEF). Forum tersebut, terdiri dari para tokoh berpengaruh, termasuk sejumlah mantan menteri.

 

Puluhan ribu mengungsi ke perbukitan, menghindari kekejaman Boko Haram. Sebelumnya, beberapa orang sengaja, ke Maiduguri untuk menghindari laju Boko Haram, namun wilayah itu malah turut dikuasai.

Warga setempat mengatakan, Boko Haram juga merebut kawasan di negara bagian Adamawa, dan membuat warga mengungsi ke bukit-bukit, dan terpaksa makan dedaunan. Militer di Adamawa sempat melancarkan serangan udara dan darat untuk merebut kembali kota Michika, yang direbut Boko Haram.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement