Jumat 12 Sep 2014 18:18 WIB

Setiap Menit, Hutan Tropis di Dunia Musnah

Rep: C91/ Red: Djibril Muhammad
Hutan tropis
Hutan tropis

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Berdasarkan laporan terbaru, hutan tropis seluas lima lapangan sepak bola dimusnahkan setiap menit, pada 2000 sampai 2012. Penulis laporan mengatakan, permintaan konsumen di Eropa dan Amerika Serikat (AS), terhadap daging sapi, kulit, dan kayu mendorong pemusnahan.

Sebagian besar pembabatan hutan ilegal, dilakukan untuk pertanian komersial di Brasil dan Indonesia. Penulis menyebutkan, Asia dan Afrika mengikuti praktik tersebut.

Penelitian dilakukan oleh organisasi swasta yang bermarkas di Amerika Serikat, Forest Trends, dan melibatkan ahli lingkungan, sektor industri dan keuangan. Laporan ini difokuskan pada pertanyaan mengenai keabsahannya, demikian dikutip dari BBC, Jumat, (12/9).

Pembabatan hutan tropis telah menjadi masalah dunia selama puluhan tahun. Hanya saja belum ada hukuman jelas kepada pelakunya.

 

Kajian baru ini menyatakan dalam 12 tahun pertama abad ini, 49 persen deforestasi tropis disebabkan pengalihan ilegal lahan untuk pertanian komersial. Hutan merupakan paru-paru dunia, bila pemusnahan hutan terus terjadi, dampaknya cukup berbahaya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement