Sabtu 13 Sep 2014 21:51 WIB

Jenderal Allen Pimpin Koalisi Anti-ISIS

Jendral John Allen
Foto: Reuters
Jendral John Allen

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Mantan panglima pasukan NATO di Afghanistan yang juga memimpin pasukan di bagian barat Irak, Jenderal (Purn) John Allen telah diangkat untuk memimpin usaha internasional melawan ISIS.

Jabatan tersebut akan memerlukan tindakan berimbang bagi purnawirawan bintang empat dari satuan marinir itu.

Allen (60 tahun) dipandang orang yang tepat untuk memimpin koalisi menghadapi para militan yang melakukan taktik brutal dalam gerakan mereka di Suriah dan Irak.

"Jika kita menunda sekarang, kita akan membayar kemudian," katanya.

Sebagai kepala misi pimpinan NATO di Afghanistan dari Juli 2011 hingga Desember 2013, Allen harus berinteraksi dengan Presiden Hamid Karzai. Termasuk juga para panglima dari sejumlah negara.

Sebagai orang nomor dua di Komando Pusat AS, yang mengawasi pasukan Amerika di Timur Tengah, Allen menghabiskan banyak waktunya untuk melacak Iran, musuh bebuyutan AS.

"Dalam peran ini Jenderal Allen akan membantu terus, membangun, mengkoordinasi dan mengawal koalisi global di sepanjang lini usaha-usaha melemahkan dan akhirnya menghancurkan ISIL," kata Marie Harf, wakil juru bicara Departemen Luar Negeri AS.

Presiden AS Barack Obama, yang mengumumkan strategi menghancurkan kelompok itu, mengatakan, pembentukan koalisi internasional yang mencakup negara Arab vital bagi usaha anti-ISIS.

Wakil Allen ialah Brett McGurk, deputi asisten menteri luar negeri urusan Irak dan Iran.

Mantan panglima itu tidak akan mengawasi operasi militer yang merupakan tugas dari Kepala Komando Pusat saat ini, Jenderal Llyod Austin. Tetapi Allen sepertinya akan meminta para anggota koalisi internasional menyumbang pesawat, amunisi, akses ke pangkalan atau bantuan lain untuk perlawanan itu.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement