Kamis 18 Sep 2014 22:49 WIB

Xi Jinping Dorong Investasi di India

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Xi Jinping
Foto: Reuters
Xi Jinping

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Tidak lama setelah tiba di India, Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri India Narendra Modi menandatangani tiga pakta.

Dikutip dari Times of India, Rabu (17/9), kunjungan tiga hari Xi bertujuan mendorong perdagangan dan investasi. Selain itu, isu mengenai sengketa perbatasan juga dibahas. Kebetulan Modi juga merayakan ulang tahunnya yang ke 64.

Pilihan Xi untuk mengunjungi Gujarat terlebih dahulu dipandang sebagai hubungan yang hangat antara kedua pemimpin.

Xi mengatakan India dan Cina merupakan negara berkembang terbesar di dunia dan merupakan pasar yang baru muncul. Kedua negara berbagi hubungan yang strategis secara global. "Kita bisa membawa kesejahteraan bagi Asia dan kita bisa menciptakan kesempatan bagi dunia," ujar Xi.

Fokus utama pembicaraan kedua negara adalah mendorong investasi Cina pada infrastruktur India dan mendoromng ekspor India. Cina mengatakan telah bersedia menginvestasikan miliaran dolar untuk mengembangkan kawasan industri, memperbaiki kereta api dan pelabuhan India dan infrastruktur lain.

Xi juga mendorong India bergabung dengan upaya Cina mengembangkan rute transportasi maritim dan darat untuk memperbaiki hubungan dagang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement