Jumat 19 Sep 2014 05:30 WIB

Zarif-Ashton Bicara 3,30 Jam Soal Cara Berunding

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton
Foto: Al Arabiya
Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Pembicaraan antara Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif dan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton berlangsung selama lebih dari tiga jam di New York.

Putaran ke-tujuh dari perundingan nuklir antara Iran dan Kelompok 5+1 (lima negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB: Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Rusia, Tiongkok ditambah Jerman) dilanjutkan pada Rabu setelah jeda dua bulan oleh Zarif menjamu Ashton dalam santap siang kerja.

Kedua pihak mempertimbangkan situasi terakhir perundingan nuklir dan cara-cara untuk melanjutkan pembicaraan.

Pembicaraan bilateral akan diadakan antara Iran dan setiap anggota Grup 5+1 selama putaran pembicaraan dengan yang pertama berlangsung antara Iran dan Amerika Serikat.

Iran dan Rusia akan mengadakan pertemuan bilateral pada Kamis pagi (waktu New York).

Pembicaraan antara Iran dan Kelompok 5+1 secara resmi akan dimulai pada Jumat pagi, waktu setempat, di hadapan Zarif dan Ashton di kantor pusat PBB di New York.

Menteri Luar Negeri Zarif berangkat dari Teheran Selasa pagi untuk ke New York dalam rangka mengadakan putaran ke-tujuh pembicaraan komprehensif nuklir antara Iran dan Kelompok 5+1, dan juga untuk menghadiri pertemuan tahunan ke-69 Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement