Ahad 21 Sep 2014 05:30 WIB

Secret Service Payah, Penyusup dengan Mudah Masuki Gedung Putih (1)

Obama berjalan menuju kendaraan dengan dikawal Secret Service, usai insiden saat main basket
Foto: telegraph.co.uk
Obama berjalan menuju kendaraan dengan dikawal Secret Service, usai insiden saat main basket

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Seorang penyusup, Texan Omar J Gonzales (42) nekat secara diam – diam memasuki tempat tinggal dan kantor Presiden Amerika Serikat, gedung putih. Penghuni gedung putih panik dan langsung dievakuasi.

Saat ini, betapa mudahnya menembus keamanan gedung putih. Baru – baru ini, tempat tinggal Presiden Obama itu dimasuki penyusup. Secret service yang dikenal sebagai paspampresnya Amerika ‘kebobolan’.

Penyusup memanjat pagar dan berlari menuju tempat tinggal Obama. Untung saja Obama sudah pergi bersama keluarganya menuju Kamp David, Maryland.

Gedung putih akhirnya melakukan evakuasi, karena dikhawatirkan penyusup membawa persenjataan. Sementara penyusup mengarah ke utara gedung putih

Secret service memaparkan mereka pada akhirnya menangkap dan mengamankan Omar. Kantor berita Daily Mail menyatakan insiden ini mempertanyakan kualitas kinerja agensi pengamanan presiden itu.

Kader Partai Republik, Jason Chaffetz, yang memimpin komisi keamanan nasional di dewan perwakilan rakyat Amerika, menilai insiden ini sama sekali tidak dapat diterima. Hal ini adalah satu kegagalan keamanan dalam kinerja secret service. “Dalam bertugas, mereka gagal,” tegas Jason.

Lelaki itu memanjat pagar gedung putih. Tentu saja ini bukanlah hal biasa. Seharusnya secret service segera menindak lelaki itu

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement