Senin 22 Sep 2014 20:30 WIB

Cina Siaga Hadapi Topan Fung-Wong

Dampak topan Fung Wong di Filipina
Foto: Reuters
Dampak topan Fung Wong di Filipina

REPUBLIKA.CO.ID, HANGZHOU -- Hujan lebat mengguyur daerah pantai Provinsi Zhejiang di Tiongkok Timur pada Ahad (21/9), saat Topan Tropis Fung-Wong mendekat.

Hingga pukul 16.00, sebanyak 157.553 orang di Kota Pantai Ningbo, Wenzhou dan Taizhou telah diungsikan, dan 30.079 perahu ikan telah kembali ke dermaga, kata Markas Bantuan Kemarau dan Banjir Provinsi.

Menurut lembaga meteorologi lokal, topan tersebut diperkirakan mengguyur provinsi itu dengan hujan lebat dan angin kencang pada Senin siang hingga sore, demikian laporan Xinhua --yang dipantau di Jakarta, Senin malam.

Pemerintah Kota Wenzhou telah menuntut agar sekoal taman kanak-kanak, dasar dan menengah menghentikan kegiatan belajar-mengajar pada Senin.

Topan Fung-Wong memasuki daratan Taiwan pada sekitar pukul 10.00 waktu setempat Ahad, dan memaksa dibatalkannya puluhan penerbangan dan layanan feri.

Topan ke-16 --tingkat topan tropis-- tahun ini tersebut terus bergerak ke arah utara ke daerah pantai di Provinsi Fujian dan Zhejiang dengan kecepatan angin sekitar 20 kilometer per jam, serta membawa hujan badai dan angin kencang sampai tingkat 13 di sepanjang jalurnya.

Hujan lebat diperkirakan masih mengguyur daerah Zhejiang di Tiongkok Timur sepanjang hari Senin.

Topan Fung-Wong telah menewaskan sedikitnya 10 orang di beberapa bagian Filipina Utara, termasuk di Metro Manila, kata Lembaga Penanganan Bencana Negara Filipina.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement