Kamis 25 Sep 2014 00:30 WIB

Jokowi Dijadwalkan Bertemu Kanselir Jerman di Australia

Jokowi (Joko Widodo) di Balai Kota, Jakarta, Rabu (3/9). (Republika/ Wihdan)
Foto: Republika/ Wihdan
Jokowi (Joko Widodo) di Balai Kota, Jakarta, Rabu (3/9). (Republika/ Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel di Australia November mendatang. Hal tersebut diungkapkan pejabat tinggi bank sentral Jerman, Deutsche Bundesbank, di Jakarta, Rabu (25/9).

Anggota Badan Eksekutif Deutsche Bundesbank Andreas Dombret dalam lawatannya di Indonesia mengatakan pertemuan Jokowi-Merkel itu akan berlangsung pada Konferensi Tingkat Tinggi G-20 di Brisbane pada 15-16 November.

Dombret mengatakan Deutsche Bundesbank menyatakan siap melanjutkan kerja sama dengan pemerintahan baru Indonesia dibawah presiden terpilih Jokowi.

"Kami sangat mempercayai Presiden Joko Widodo seperti yang sudah kami lakukan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono," ujar anggota Badan Eksekutif Andreas Dombret di Kedutaan Besar Republik Federasi Jerman, Jakarta, Rabu (25/9).

Dombret menilai kepercayaan ini sangat penting berkaitan dengan hubungan baik Indonesia dan Jerman pada organisasi ekonomi internasional G-20.

"Indonesia dan Jerman adalah sesama anggota G-20 di mana kepercayaan menjadi hal penting untuk menjalin hubungan baik yang berkelanjutan satu sama lain," ujar Dombret.

Kedatangan Andreas Dombret ke Indonesia sendiri adalah untuk mempererat hubungan Bank Sentral Jerman dengan Bank Indonesia.

Ia melakukan pertemuan dengan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo, Deputi BI Perry Warjiyo, serta Menteri Keuangan Chatib Basri dalam lawatannya di Indonesia.

Selain untuk mempererat hubungan, dia mengaku tidak ada tujuan khusus yang dicanangkan dalan kunjungannya ke Indonesia.

"Tidak ada tujuan khusus berkaitan kedatangan saya. Kehadiran saya juga sebagai bentuk rasa hormat saya kepada Indonesia," lanjut dia.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Andreas Dombret didampingi oleh perwakilan Deutsche Bundesbank untuk Asia Tenggara yaitu Patrick Hoffman.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement