Kamis 25 Sep 2014 08:48 WIB

Militer Nigeria Klaim Bunuh Pemimpin Boko Haram

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Indah Wulandari
Serangan Boko Haram di Nigeria
Foto: AP
Serangan Boko Haram di Nigeria

REPUBLIKA.CO.ID,ABUJA -- Militer Nigeria menyatakan lebih dari 260 anggota militan Boko Haram telah menyerahkan diri di timur laut Nigeria. Seorang juru bicara menyebutkan militer Nigeria juga telah membunuh pemimpin kelompok, Abubakar Shekau.

Dilansir dari BBC, Boko Haram mengalami kekalahan dalam beberapa pekan terakhir ini setelah militer Nigeria memerangi kelompok itu di dekat Maiduguri. Militer mengatakan sebanyak 135 anggota Boko Haram telah menyerahkan diri dengan membawa senjata mereka di Biu, negara bagian Borno pada Selasa (23/9).

Sedangkan, 133 lainnya menyerahkan diri di tempat lainnya di Nigeria. Mereka pun kini tengah diinterogasi. Pernyataan tewasnya pemimpin kelompok Abubakar Shekau ini merupakan pertama kalinya yang dilakukan oleh militer Nigeria.

Sayangnya, militer tidak menyebutkan kapan dan dimana mereka telah membunuh Shekau. Presiden Nigeria, Goodluck Jonathan pun mendesak dewan keamanan PBB mencari cara untuk memerangi ancaman militan. "Bukti menunjukan Boko Haram didanai dari luar negeri," katanya pada BBC, Kamis (24/9).

Menurut kelompok pengamat HAM di New York, kelompok ini telah membunuh lebih dari dua ribu warga sipil pada tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement