Kamis 02 Oct 2014 16:55 WIB

Republika Bantu Warga Gaza

Rep: c64/ Red: Agung Sasongko
Gaza porak poranda akibat serangan Israel
Gaza porak poranda akibat serangan Israel

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Harian Republika menyerahkan donasi Peduli Gaza dari Pembaca sebesar Rp. 400 Juta Rupiah kepada Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Kantor Harian Republika, Jakarta, Kamis (2/10). Jumlah donasi yang terkumpul mencapai dua miliar rupiah dan nantinya akan diserahkan kepada lima lembaga kemanusiaan lainnya.

"Kami sangat berterimakasih dan mengapresiasikan apa yang telah dilakukan oleh Republika untuk rakyat Gaza," ujar Presiden Direktur ACT, Ahyudin.  Ia melanjutkan, apa yang dilakukan oleh Republika merupakan salah satu jalan dalam mempersatukan umat, karena melalui kepedulianlah persatuan umat tercipta.

Saat ini, ACT tengah fokus dalam tiga program penting di Gaza yang terdiri atas, bantuan sumber daya air bersih, sumbangan perahu nelayan dan beasiswa untuk 1000 pelajar Gaza. Ahyudin menjelaskan, kondisi Gaza saat ini sangat genting, khususnya dalam sumber daya air bersih. Dimana, sumber air bersih adalah sumber kehidupan bagi jutaan rakyat Palestina di Gaza.

"Oleh karena itu, kami tengah berfokus pada lima sumur besar air bersih di Gaza, yang mana satu sumber air itu mampu memenuhi kebutuhan air bersih untuk 15 ribu kepala keluarga," lanjutnya.

 

Selain itu, ACT pun tengah mengusahakan memberikan perahu untuk para nelayan Gaza, karena sekitar 2/3 perahu yang ada di Gaza telah hancur dalam pertempuran terakhir. Padahal, sebagian besar dari penduduk Gaza  berprofesi sebagai nelayan.

Fokus terakhir adalah penyediaan beasiswa untuk 1000 pelajar Gaza tingkat SMP, SMA dan Universitas. Mengingat, biaya pendidikan di Gaza cukup tinggi.  "Saya yakin, semua yang dilakukan oleh rakyat Indonesia akan terus tercatat di Gaza, karena kepedulian bangsa Indonesia sangat telihat jelas di Gaza. Dimana-mana ada bangsa Indonesia," jelasnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement