Jumat 03 Oct 2014 09:16 WIB

Dikabarkan Tewas, Pimpinan Boko Haram Rilis Video Hina Militer

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Indah Wulandari
Serangan Boko Haram di Nigeria
Foto: AP
Serangan Boko Haram di Nigeria

REPUBLIKA.CO.ID,ABUJA--Sebuah video yang dirilis baru-baru ini menunjukan ketua kelompok Boko Haram, Abubakar Shekau ternyata masih hidup, Kamis (2/10). Sebelumnya, pihak militer menganggap Shekau telah meninggal.

Dalam video berdurasi 36 menit tersebut ia memastikan dirinya. ''Aku masih hidup. Aku hanya akan mati ketika Allah mencabut nyawaku,'' kata dia mencemooh militer.

Pekan lalu, pihak militer memang mengklaim petinggi Boko Haram telah tewas. Pada Agustus 2013, mereka juga pernah mengklaim Shekau sudah meninggal. Pengamat keamanan mempertanyakan kredibilitas pernyataan militer tersebut.

Terbukti dalam video yang diperoleh AFP ini, Shekau masih hidup. Video berisi Shekau mengatakan pejuangnya menembak jatuh sebuah pesawat jet. Jet tersebut dilaporkan hilang tiga minggu lalu.

Jurnalis Nigeria yang memiliki akses ke Boko Haram mengatakan Shekau memang masih hidup dan dalam keadaan baik. Belum jelas kapan dan dimana video tersebut dibuat.

Video menampilkan seorang pria berjenggot lebat yang berdiri di belakang truk. Mereka menembak ke udara menggunakan senjata anti pesawat tempur. Shekau mencemooh militer Nigeria  karena telah melaporkan dirinya tewas. Ia juga dikelilingi oleh pria-pria bersenjata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement