Ahad 05 Oct 2014 19:07 WIB

Karena Topan, Toyota dan Mitsubishi Hentikan Produksi

Rep: c88/ Red: Mansyur Faqih
Toyota
Toyota

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Dua pabrikan mobil asal Jepang, Toyota dan Mitsubishi akan menghentikan sementara produksinya. Toyota Motor Corp berencana menghentikan produksinya pada Senin (6/10).

Reuters melansir, terdapat 12 pabrik yang dihentikan sementara operasinya. Semuanya terletak di perfektur Aichi. Juru Bicara Toyota Ryo Sakai menjelaskan penghentian itu akibat topan Phanfone yang melanda wilayah tersebut.

Dari 12 pabrik yang berhenti berproduksi, termasuk di dalamnya fasilitas yang memproduksi mesin dan suku cadang. Toyota akan melanjutkan produksi dengan mempertimbangkan kondisi cuaca setelah Senin.

Pertimbangan yang sama juga dilakukan oleh Mitsubishi Motors Corp yang akan menghentikan produksinya. Juru bicara Manabu Yamanishi mengatakan pabrik Mitsubishi di Okazaki akan berhenti berproduksi untuk sementara waktu. Direncanakan pabrik akan rehat dari Senin pagi hingga petang. 

Masing-masing juru bicara dari Nissan, Honda, Suzuki, dan Mazda juga mengungkapkan kalau perusahaan mereka juga akan mempertimbangkan penghentian produksi. 

Berdasarkan keterangan dari Badan Meteorologi Jepang yang dirilis Ahad (5/10), topan Phanfone bergerak dari timur laut menuju bagian tengah dan timur Jepang. Topan melaju dengan kecepatan 25 kilometer per jam setelah menghantam wilayah Kyushu dan Pulau Okinawa. (c88-christiyaningsih)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement