Selasa 07 Oct 2014 17:09 WIB

Kamboja Kecam Militer Thailand karena Bunuh Dua Penebang Kayu

Kamboja
Kamboja

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PENH -- Kementerian luar negeri Kamboja mengutuk militer Thailand karena dua penembakan terpisah yang menewaskan dua warga Kamboja dan satu terluka pekan lalu.

Kementerian itu mengatakan dua orang Kamboja, yaitu Sorn Sam, 24, dan Yim Makara, 22, memasuki Thailand di titik masuk Chamcar Kroch, sekitar empat kilometer di sebelah timur pos pemeriksaan perbatasan An Ses untuk penebangan liar dan ditembak mati oleh militer Thailand pada 28 September.

Insiden lain terjadi pada 29 September ketika sekelompok militer Kamboja melakukan patroli rutin di sepanjang wilayah perbatasan.

"Saat kembali ke pangkalan militer masing-masing, seorang sersan Kamboja bernama Var Savuth, 35, ditembak oleh militer Thailand dan luka di daerah Chamcar Kroch di wilayah Kamboja," kata kementerian itu dalam satu catatan diplomatik ke Kedutaan Thailand pekan lalu dan terlihat oleh media, Senin.

"Pemerintah Kamboja memprotes keras terhadap tindakan-tindakan kejam seperti yang dilakukan oleh militer Thailand terhadap (dua) warga Kamboja itu," katanya.

"Pemerintah Kamboja juga memprotes terhadap tindakan militer Thailand melakukan pelanggaran serius wilayah Kamboja dan mendesak (pihak Thailand) untuk menghormati kedaulatan dan integritas Kamboja," kata kementerian itu, mengacu pada penembakan militer Thailand itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement