Kamis 09 Oct 2014 17:14 WIB

Negara Ini Baru Pertamakalinya Memiliki ATM

Atm somalia
Foto: Alarabiya.net
Atm somalia

REPUBLIKA.CO.ID, MOGADISHU -- Di Indonesia, utamanya Jakarta tak terhitung berapa jumlah mesin anjungan tunai mandiri (ATM) yang tersedia. Kondisi berbeda dengan Somalia, ibu kota negara itu, Mogadishu akhirnya memiliki mesin ATM.

ATM bersejarah itu baru saja diresmikan, Selasa kemarin. Maklum saja, negara ini tak pernah merasakan situasi damai. Kehidupan masyarakatnya lebih banyak dihabiskan menghilangkan rasa takut dari perang saudara. Jadi, apa mungkin masih memikirkan ATM ketika nyawa terancam.

BBC melaporkan ATM pertama dan satu-satunya itu milik Bank Salaam Somalia yang diletakan di sebuah hotel mewah. Yang menarik, isi ATM itu justru mata uang dolar AS bukan mata uang Somalia, Shiling. Konsumen pun dapat menarik uang dari bank intenasional melalui kartu berlogo Visa atau MasterCard.

Juru Bicara Bank Salaam, Abu Bakar mengatakan mata uang dolar AS dipilih karena banyak dipakai di seluruh dunia. "Kita juga bisa menambahkan mata uang internasional lain. Kami pikir ini bisa menarik warga asing dan diaspora," kata dia.

Wisatawan asal Inggris mengaku kepemilikan ATM merupakan langkah besar bagi Somalia. "Saya tidak pernah menetap di Mogadishu lebih lama karena khawatir kehabisan uang tunai. Namun, kabar ini membuat saya berpikir untuk menetap lebih lama," ucap Omar Hasan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement