Senin 13 Oct 2014 23:02 WIB

Ini Alasan Mengapa Kucing di Canberra Perlu Dikandangkan

Kucing peliharaan (ilustrasi)
Foto: IO9
Kucing peliharaan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Alasan dibalik aturan ini adalah Pemerintah ACT memandang kucing yang berkeliaran dapat mengancam kelestarian spesies langka atau terancam punah yang khas endemik di Canberra. Terutama spesies yang hidup di cagar alam di sekitar pinggiran pinggiran kota Canberra.

"Wilayah penjelajahan kucing cukup jauh dan mereka banyak memangsa hewan kecil seperti katak dan burung," kata Direktur Dewan Konservasi ACT, Clare Henderson, baru-baru ini.

Oleh karena itu dewan bersama-sama dengan Pengelola Taman dan Layanan Konservasi ACT menyelenggarakan pendidikan mengenai aturan pengandangan kucing bagi warga yang tinggal di pinggiran. Mereka berencana untuk menerbitkan surat bagi 10 ribu pemilik rumah di Canberra mengenai aturan kepemilikan kucing di pinggiran kota baru.

Sementara itu peneliti kajian ini, Kathy Eyles dari Fakultas Lingkungan ANU mengatakan aturan pengandangan kucing ini baru akan efektif jika diberlakukan selama 24 jam dalam sehari. "Kebanyakan tempat hunian di pinggiran kota Canberra hanya berjarak sekitar 50 meter dari lingkungan alam dan memang itu kawasan yang baik untuk ditinggali, tapi itu juga artinya kucing warga bisa berkeliaran ke kawasan cagar alam,” kata Eyles.

"Masalahnya adalah Kota Canberra ini sedikit  berbeda dibandingkan dengan kota-kota lain di Pesisir Timur Australia karena Canberra memiliki satwa yang aktif di siang hari, terutama reptil dan burung pematuk kayu kecil.”

Sehingga menurut Eyle,  jika aturan pengandangan kucing hanya berlaku pada malam hari saja, maka aturan itu tidak efektif menghilangkan ancaman kepunahan spesies kecil yang hendak dilindungi dari kucing-kucing tersebut.

Eyles juga setuju perlu persiapan dalam waktu lama untuk mengimplementasikan aturan ini di Canberra. "Sehingga warga yang memiliki kucing peliharaan bisa menyesuaikan diri dan mendapatkan pendidikan lebih dahulu mengenai bagaimana menghibur kucing mereka dan menyediakan lingkungan yang kaya ransangan yang dibutuhkan kucing peliharaan mereka,” katanya.

sumber : abc newsaustraaa
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement