Selasa 14 Oct 2014 06:41 WIB

Korea Utara: Kim Jong-un dalam Keadaan Sehat

Rep: c83/ Red: Esthi Maharani
Kim Jong un dan istrinya
Foto: AP
Kim Jong un dan istrinya

REPUBLIKA.CO.ID, KOREA UTARA -- Duta besar Korea Utara untuk Inggris, Hyon Hak Bong mengatakan Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un dalam keadaan sehat. Ia menepis rumor yang menyebutkan Jong-un dalam keadaan sakit ataupun digulingkan.

"Kim dalam keadaan sehat dan tidak ada keraguan untuk hal itu," ujar Hyon Hak Bong seperti dilansir Independent Senin (13/10).

Pernyataan Hyon Hak Bong ini bertentangan dari apa yang disampaikan oleh media  pemerintah Korea Utara. Media tersebut menyebutkan, pada bulan September lalu Kim dalam keadaan kurang baik pascasulih suara untuk sebuah film dokumenter pra-rekaman. Tetapi, mereka memastikan bahwa pemimpin korea utara tersebut akan terus memperhatikan nasib rakyatnya.

Pakar Kepemimpinan Korea Utara, Michael Madden mengatakan berdasarkan penampilan terakhir Kim Jong-un. Ia memutuskan untuk menghindar dari publik dikarenakan berkaitan dengan kesehatan tubuh dan predisposisi genetik yang telah mempengaruhi anggota lain dari keluarga Kim. Sedangkan ahli lain percaya Kim Jong-un telah digulingkan dalam kudeta militer dan dilenyapkan dari ibukota.

Seperti diketahui, Kim tidak terlihat di depan umum sejak 3 September 2014 lalu.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement