Selasa 14 Oct 2014 12:36 WIB

Menghilang Sebulan, Kim Jong Un Akhirnya Muncul

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ichsan Emerald Alamsyah
Kim Jong-un (file)
Foto: Reuters
Kim Jong-un (file)

REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG -- Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un kini kembali muncul setelah menghilang sejak 3 September lalu. Kantor berita KCNA memberitakan Kim tengah memberikan arahan lapangan di distrik pemukiman para ilmuwan yang baru saja dibangun.

KCNA menyebutkan Kim melakukan pertemuan di distrik pemukiman ilmuwan Wisong sebelum ia tampil di publik. "Melihat ekstrior apartemen dan bangunan publik yang didekorasi dengan warna beragam, Kim tampak puas dan mengatakan bangunan tersebut sangat bagus," kata surat kabar tersebut dikutip dari BBC.

Kim juga dilaporkan mengunjungi Institut Energi Natural Akademi Ilmu Pengetahuan yang baru dibangun. Meskipun begitu, tak dijelaskan kapan Kim mulai muncul di depan publik.

Surat kabar harian Rodong Sinmun pun mencetak sejumlah foto Kim yang tengah berjalan menggunakan tongkat. Menghilangnya Kim sebelumnya menimbulkan sejumlah spekultasi terkait kesehatannya.

Beberapa diantara mereka bahkan mempertanyakan kekuasaannya di negara komunis itu. Pada Minggu, duta besar Korut untuk London mengatakan Kim dalam kondisi sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement