Jumat 17 Oct 2014 20:26 WIB

ISIS Berlatih Terbangkan Jet Tempur

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Joko Sadewo
Militan ISIS
Foto: AP Photo
Militan ISIS

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Gerilyawan ISIS melatih para anggotanya menerbangkan jet tempur. Mereka merupakan mantan pilot Irak yang telah bergabung dengan ISIS.

Menurut kelompok Observatory HAM Suriah, para pilot ini melatih anggota ISIS di Suriah menerbangkan tiga jet tempur yang berhasil mereka rampas. Observatory mengatakan para saksi mengaku melihat pesawat tersebut diterbangkan di sekitar bandara militer di Aleppo.

Sementara itu, pasukan Irak kembali melancarkan serangannya terhadap ISIS di dekat Tikrit. Rami Abdul Rahman, kepala Observatory, mengatakan ISIS memanfaatkan anggota pasukan Irak yang merupakan mantan pilot dibawah kepemimpinan Presiden Saddam Hussein untuk melatih anggota ISIS di Suriah.

"Orang-orang melihat penerbangan tersebut, mereka terbang beberapa kali dari bandara itu dan mereka terbang di langit di sekitar bandara dan kembali lagi," katanya.

Pesawat tersebut dilaporkan merupakan pesawat jenis Mig-21s atau Mig-23s. Menurut koresponden BBC, ISIS sebelumnya memiliki tiga pesawat yang dirampas dari bandara militer Suriah di Aleppo dan Raqqa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement