Sabtu 18 Oct 2014 14:50 WIB

WHO: Korban Tewas Ebola Bertambah Jadi 4.555 orang

Rep: C83/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pemakaman korban virus Ebola
Foto: VOA
Pemakaman korban virus Ebola

REPUBLIKA.CO.ID, GENEVA -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan 4.555 orang telah meninggal akibat Ebola dari total 9.216 kasus yang terdaftar di tujuh negara. Laporan penyakit Ebola ini diterima WHO pada awal tahun di Afrika Barat.

WHO membagi tujuh negara yang terkena dampak Ebola menjadi dua kelompok. Kelompok pertama terdiri dari Guinea, Liberia dan Sierra Leone. Kelompok ini merupakan merupakan negara dengan jumlah kasus Ebola terbanyak.  Liberia merupakan negara yang terburuk terkena Ebola dari ketiga negara tersebut. Pada 13 Oktober dilaporkan ada 4.262 kasus dan 2.484 kasus Ebola.

Sementara itu Sierra Leone terdapat 3.410 kasus per 14 Oktober. 1200 di antaranya telah meninggal.  Guinea, di mana epidemi berasal Desember, terdapat 1519 kasus dan 862 dinyatakan telah meninggal per 14 Oktober.

Kelompok kedua merupakan negara-negara dengan kasus jauh lebih sedikit, termasuk Senegal, yang dinyatakan oleh WHO telah terbebas dari Ebola.

"Pengumuman dari WHO ini dibuat agar  negara-negara Barat dapat menangkal penyebaran global yang ditakuti dari Ebola  yang merupakan salah satu virus paling mematikan yang dikenal manusia," ujar perwakilan WHO seperti dilansir Al Arabiya (18/10).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement