Selasa 21 Oct 2014 11:15 WIB

WHO: Nigeria Bebas Ebola

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Esthi Maharani
Pengobatan virus Ebola
Foto: VOA
Pengobatan virus Ebola

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Nigeri dikleim telah bebas dari infeksi baru Ebola sejak enam minggu lalu. WHO melaporkan tidak ada kasus baru yang terjadi di sana, Senin (20/10).

Perwakilan WHO di Nigeria Rui Gama Vaz mengatakan ini adalah cerita sukses yang spektakuler. Nigeria diberi penghargaan karena respon cepatnya menangai Ebola, salah satunya ketika diplomat Liberia yang terinfeksi membawa virus ke sana pada Juli.

WHO juga menyatakan Senegal bebas dari Ebola pada Jumat lalu. WHO menentukan standar bebas kasus baru setelah dua kali masa inkubasi virus selama 21 hari. Kasus terakhir yang terdeteksi di Nigeria dilaporkan pada 5 September lalu.

''Virus sudah pergi sekarang. Wabah di Nigeria sudah dikalahkan,'' kata Gama Vaz, Senin, dikutip BBC. Namun ia mengatakan kemenangan sesungguhnya terjadi jika bebas Ebola terjadi di seluruh Afrika Barat.

John Vertefeuille dari //US Centers for Disease Control and Prevention (CDC)// mengatakan Nigeria telah mengambil langkah tepat untuk menangani wabah. ''Nigeria bergerak cepat dan melakukan pencegahan dini untuk tidak menyebar ke skala lebih besar,'' kata dia, dikutip AFP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement