Rabu 22 Oct 2014 19:46 WIB

Kerry : Hubungan Israel dan Palestina Saat Ini Tidak Berkelanjutan

Rep: c64/ Red: Joko Sadewo
Menlu AS, John Kerry
Foto: Reuters
Menlu AS, John Kerry

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengatakan, saat ini hubungan Palestina dan Israel tidak berkelanjutan dan Amerika Serikat sadar situasi ini sangat genting.

"Situasi saat ini, status quo, tidak berkelanjutan," ujarnya dalam konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Jerman Frank Walter Steinmeier di Berlin.

Ia menambahkan, perlu menemukan cara untuk bernegosiasi dan melanjutkan usaha yang sebelumnya berjalan. "Jelas kami memahami urgensi itu,".

Sementara itu, Menteri Kehakiman Israel Tzipi Livni mengungkapkan bahwa rencananya Partai Hatnua akan bekerja sama dengan Menteri Keuangan Yair Lapid dari Partai Yesh Atid untuk membentuk sebuah front diplomatik yang bertujuan untuk memajukan proses perdamaian yang tertahan dengan Palestina.

"Baru-baru ini saya melakukan pembicaraan dengan Yair Lapid," ujar Livni kepada harian Israel Yedioth Ahronot. Menurutnya, Lapid memiliki pemikiran yang sama seperti dirinya terkait hubungan Israel dan Palestina ini.

Ia berkata, mulai minggu depan di Knesset (Parlemen Israel), ia dan Lapid akan membentuk satu front dalam pemerintahan dan di Knesset pada masalah diplomatik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement