Kamis 23 Oct 2014 09:09 WIB

Irak Kurdi Sepakat Kirim Pasukan ke Suriah

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Indah Wulandari
Pengungsi Kurdi.
Foto: REUTERS/Murad Sezer/ca
Pengungsi Kurdi.

REPUBLIKA.CO.ID,ARBIL--Anggota parlemen Irak Kurdi menyetujui rencana pengiriman pasukan ke Kobani, Suriah.

"Hari ini di parlemen, kami menyetujui pengerahan pasukan Peshmerga ke Kobani secepat mungkin," kata anggota parlemen Irak Kurdi Mahmoud Haji dilansir dari Reuters, Kamis (23/10).

Pejabat Irak Kurdi Hemin Hawrami lainnya, ikut berkicau melalui akun Twitter. Ia mengatakan, pasukan Peshmerga akan dilengkapi dengan senjata berat. Mereka akan membantu pasukan Kurdi yang terkepung di Kobani akibat serangan ISIS.

Dua pejabat senior Kurdi mengatakan saat ini tengah dilakukan persiapan pengiriman pasukan Peshmerga ke Kobani. Namun, persiapan ini akan membutuhkan waktu hingga beberapa hari mendatang.

Kobani berada di perbatasan Turki-Suriah. Pergerakan ISIS ini membuat AS dan koalisinya memborbardir dan menyerang mereka.

Kondisi ini juga mempengaruhi kondisi politik di Turki. Pemerintah dinilai kurang tanggap dan enggan membantu Kurdi di Kobani.

Di tengah tekanan bantuan kemanusiaan, Turki pun akhirnya mengubah pendiriannya dan mengizinkan pasukan Kurdi Irak Peshmerga melintasi wilayahnya menuju Kobani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement