Jumat 24 Oct 2014 12:03 WIB

Dokter New York Positif Ebola

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Winda Destiana Putri
Pemakaman korban virus Ebola
Foto: VOA
Pemakaman korban virus Ebola

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Seorang dokter yang berasal dari New York dinyatakan positif terkena Ebola. Dokter Craig Spencer baru saja mengunjungi negara Guinea Afrika Barat.

Spencer yang bekerja untuk Medecins Sans Frontiers (MSF) mengalami gejala demam dan diare pada Kamis dan langsung diisolasi di rumah sakit New York City's Bellevue. Ia pun menjadi pasien Ebola pertama yang didiagnosa di New York.

Pejabat kesehatan segara melacak kontak-kontak yang telah berhubungan dengannya serta mengidentifikasi kerabat yang beresiko tertular Ebola dari Spencer.

Para pasien Ebola dinyatakan tertular jika mereka mengalami sejumlah gejala. Penyakit ini hanya dapat menular melalui cairan tubuh. Spencer merupakan korban Ebola keempat yang terdeteksi terjangkit Ebola di AS.

Korban pertama yakni pria asal Liberia yang mengunjungi Dallas, Texas. Namun ia meninggal pada 8 Oktober silam. Dua perawat yang merawatnya pun tertular penyakit ini dan tengah dalam tahap penyembuhan.

Lebih dari 4.800 tercatat telah tewas akibat Ebola. Sebagian besar dari mereka berasal dari negara Guinea, Liberia, dan Sierra Leone, dilansir dari BBC, Jumat (25/10).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement