Sabtu 25 Oct 2014 05:15 WIB

Jenazah Juru Kunci Ka'bah Dimakamkan di Makkah

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Bilal Ramadhan
Juru Kunci Kabah, Syaikh Abdul Qadir Bin Taha Al-Shaibi telah meninggal dunia
Foto: foto Arab News
Juru Kunci Kabah, Syaikh Abdul Qadir Bin Taha Al-Shaibi telah meninggal dunia

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH-- Juru kunci Ka'bah senior Sheikh Abdul Qadir Bin Taha Al-Shaibi meninggal dunia pada Kamis (23/10). Jenazahnya dimakamkan di Al-Moalla Cemetery di Makkah setelah dishalatkan di Masjidil Haram.

Seperti dilansir Saudi Gazette, Jumat (24/10), banyak warga yang melaksanakan shalat jenazah untuknya. Petugas Kepresidenan Dua Masjid Suci dan kerabat Sheikh Al-Shaibi juga ikut serta menshalatkan.

Al-Shaibi meninggal di King Khaled National Guard Hospital di Jeddah. Dia meninggal di tengah persiapan untuk mencuci Ka'bah pada 8 November (15 Muharram) mendatang. Dia ditunjuk menjadi juru kunci setelah  pamannya Abdul Aziz Al-Shaibi meninggal dunia empat tahun lalu.

Tahun lalu, Kepala Kepresidenan Dua Masjid Suci Sheikh Abdurahman Al-Sudais, menyerahkan gembok dan kunci baru Ka'bah kepada Al-Shaibi. Gembok yang dibuat 30 tahun lalu itu diganti karena berkarat.

Keluarga Al-Sheibi telah menjadi juru kunci Ka'bah dari generasi ke generasi sejak masa pra-Islam. Keluarga tersebut memiliki garis keturunan dari Sheiba bin Othman Abi Talha. Dia hidup di zaman Nabi Muhammad SAW.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement