Sabtu 25 Oct 2014 18:29 WIB

WHO: Kasus Ebola Telah Melebihi 10 Ribu

Rep: c11/ Red: Mansyur Faqih
Pekerja mengenakan sarung tangan karet saat pelatihan penanganan ebola oleh tentara Jerman.
Foto: Reuters
Pekerja mengenakan sarung tangan karet saat pelatihan penanganan ebola oleh tentara Jerman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -– Dalam laporan terbarunya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, jumlah kasus wabah Ebola telah melebihi 10 ribu. Sebanyak 4.922 kasus berakhir pada kematian.

BBC melaporkan, dari jumlah itu, hanya 27 kasus yang terjadi di luar tiga negara yang paling parah terserang Ebola. Yaitu Sierra Leone, Liberia dan Guinea.

Mali tercatat sebagai negara terbaru yang memiliki kasus kematian terkait Ebola. Korbannya yaitu seorang anak kecil berusia dua tahun. 

Lebih dari 40 orang yang diketahui melakukan kontak dengan korban tersebut telah dikarantina. 

Laporan WHO itu menyatakan, Liberia menjadi negara terparah yang terserang virus Ebola. Sebanyak 2.705 kasus yang terjadi di negara itu berujung pada kematian. 

Kemudian Sierra Leone tercatat memiliki 1.259 korban jiwa dan 904 korban jiwa tercatat di Guinea. Tercatat pula delapan kematian di Nigeria, satu di Mali, dan juga satu di AS.

Di Mali, petugas berwenang melanjutkan pencarian jejak terhadap siapa pun yang mungkin pernah melakukan kontak dengan korban di sana. Anak kecil berumur dua tahun yang menjadi korban tersebut telah melakukan perjalanan lebih dari seribu kilometer dari Guinea menuju ibu kota, Bamako, lalu ke Kayes. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement