Senin 27 Oct 2014 09:17 WIB

Bentuk Bangunan yang Bikin Presiden Cina Muak

Rep: C92/ Red: Winda Destiana Putri
Xi Jinping
Foto: Reuters
Xi Jinping

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING –- Media The Guardian melansir bahwa Presiden Cina Xi Jinping muak dengan bentuk bangunan-bangunan-bangunan aneh yang marak di negara tersebut. Ia bahkan menyerukan untuk mengakhiri pembangunan bangunan dengan bentuk tak lazim itu.

Dalam sebuah pidato di Beijing pekan lalu, Xi mengatakan seni seharusnya melayani masyarakat. Ia juga menyerukan perencanaan arsitektur yang menginspirasi secara moral.

"Seperti cahaya matahari di langit yang biru dan hembusan angin di musim gugur yang akan menginspirasi pikiran, kehangatan hati, rasa, dan membersihkan gaya bekerja yang tidak diinginkan," kata dia.

Seperti apa bentuk bangunan-bangunan kreatif yang membuat sang Presiden muak? Berikut contoh-contoh bentuk bangunan tersebut:

Pusat Pertunjukan Seni Nasional, Beijing

Gedung opera Beijing ini merupakan spesimen pertama berbentuk telur raksasa yang muncul di Cina. Arsitektur ini dirancang oleh Paul Andreu dari Perancis.  Letaknya dekat dengan alun-alun kota Tiananmen. Dari kejauhan, gedung ini akan tampak seperti telur ayam raksasa yang jatuh ke danau. Kesuksesan Paul terbukti mampu membuat arsitektur lain tertarik membuat bangunan berbentuk telur di negara ini.

Galaxy Soho, Beijing

Tak mau kalah dengan arsitek Perancis, Ratu Telur Zaha Hadid merancang bangunan berbentuk telur bergaris-garis putih di dekat gedung opera Cina. Bangunan ini terbukti cukup populer. Sebelum Galaxy Soho selesai, sebuah perusahaan lain di Chongqing dikabarkan juga memesan arsitektur sejenis.

Linda Haiyu Plaza, Beijing

Perancang bangunan ini mengatakan bentuk gedung yang ia buat menggambarkan ikan. Namun, jika diperhatikan lagi bentuk bangunan ini lebih mirip dengan ulat. Linda Haiyu Plaza terdiri dari lima gedung. Empat gedungnya yang berbentuk kotak dengan bagian atas melengkung seakan menggambarkan badan ulat. Di bagian kepalanya terdapat pintu masuk yang seakan-akan menelan pengunjung. Badan bangunan yang bergaris-garis mengadopsi bentuk Galaxy Soho karya Zaha Hadid.

Tianzi Hotel, Hebei

Dalam sejarah Cina, ditemukan banyak ukiran patung Budha sangat besar di pegunungan-pegunungan. Salah satu pengusaha hotel di Cina tertarik meneruskan tradisi ini. Ia pun mendirikan gedung berbentuk tiga dewa di tengah kota Hebei, Beijing Timur. Bangunan tersebut berukuran sekitar 10 stupa. Ketiga dewa yang diabadikan yaitu Fu, Lu, dan Shou yang dipercaya memberikan nasib baik, kemakmuran, dan umur panjang.

Wuliangye Yibin Building, Sichuan

Daerah Yibin, Sichuan terkenal sebagai surga bagi para pemabuk. Seorang produser Cina mengabadikan hal ini dengan membuat bangunan berbentuk botol minuman keras.  Bangunan ini berbentuk botol raksasa berwarna putih dengan ornamen berwarna merah dan emas seperti tempelan pada botol. Selain bangunan raksasa itu, di sampingnya ada pula bangunan serupa dengan ukuran lebih kecil.

 

Mobile Phone Building, Kunming

London memiliki bangunan berbentuk handset untuk menandai matinya Walkie-Talkie. Tak mau kalah, di Cina terdapat sebuah bangunan berbentuk handphone. Gedung dengan 11 lantai ini berbentuk seperti handphone lengkap dengan tombol dan layar. Selain itu, ada pula sebuah tangan yang muncul dari bawah, seakan mencengkeram bangunan tersebut.

 

Piano and Violin Building, Huainan

Bangunan ini bukan rumah impian Tailor Swift. Ini adalah sebuah bangunan eksperimental di Huainan, Anhui Tengah. Gedung ini dirancang oleh sekelompok mahasiswa arsitektur dari Universitas Teknologi Hefei. Di gedung inilah para siswa jurusan musik biasa berlatih. Untuk masuk ke gedung ini, pengunjung melalui sebuah atrium berbentuk biola kaca. Mereka dapat bepergian dengan eskalator untuk melihat-lihat seisi perut piano. Penduduk setempat menyebut gedung ini sebagai bangunan paling romantis di Cina.

Teapot Building, Wuxi

Teko tanah liat adalah salah satu produk budaya Cina. Bentuk ini diabadikan menjadi sebuah gedung 10 lantai di Wuxi, Jiangsu. Pembangunan gedung ini dibiayai oleh orang terkaya kedua di Cina, Wang Jianlin. Master teko antik, Wang Jinchuan mengatakan, desain bangunan ini sangat menggambarkan budaya teko tanah liat yang ada di Cina. Yang lebih menakjubkan, bangunan ini dapat diputar seperti halnya teko betulan.

Meitan Tea Museum, Guizou

Bangunan teko tanah liat di Wuxi memang istimewa karena bisa diputar. Namun, adalagi satu bangunan berbentuk teko di Cina yang dikabarkan berukuran paling besar. Bangunan ini adalah gedung Museum Teh Meitan. Tak hanya teko, di sebelahnya terdapat sebuah bangunan lagi berbentuk cangkir teh. Ini juga mengabadikan salah satu budaya Cina, yaitu minum teh hijau.

Lotus Building, Wujin

Bangunan ini berfungsi sebagai ruang pameran dan pusat konferensi. Terletak di Wujin, Jiangsu, Lotus Building dibangun oleh arsitek Australia. Bangunan ini dibuat menyerupai bunga lotus raksasa yang menggambarkan berbagai tahapan dalam kehidupan mulai dari bunga kecil, kuncup, lalu mekar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement