Senin 27 Oct 2014 11:09 WIB

Partai Pro Eropa Menang di Ukraina

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Winda Destiana Putri
Warga Ukraina
Foto: AP
Warga Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Presiden Ukraina Petro Poroshenko peroleh kemenangan besar seiring kemenangan partai pro Eropa dalam pemilihan parlemen Ukraina, Ahad (26/10).

Kemenangan ini memuluskan jalan Poroshenko untuk mengakhiri konflik di timur Ukraina dengan separatis pro Rusia, juga mendukung reformasi demokrasi.

Blok pro Eropa Poroshenko mendapat 23 persen suara dari seluruh 29 partai, mengalahkan semua partai dari lawannya PM Arseny Yatseniuk. Dua jam setelah pemungutan suara berakhir, ia berterima kasih pada semua pemilih yang mendukung demokrasi, reformasi, dan mayoritas pro Ukraina, pro Eropa.

''Mayoritas pemilih telah menunjukan dukungan terhadap rencana damai presiden dan pencarian solusi politik pada situasi di Donbass,'' kata Poroshenko dikutip Reuters Senin (27/10).

Hasil yang dikonfirmasi oleh exit polls berakhir dengan kemungkinan Poroshenko tetap bekerja dengan Yatseniuk. Partai Yatseniuk yaitu People's Front memperoleh suara 21 persen berdasarkan exit poll.

Selanjutnya, PM akan mengurus isu sensitif dengan barat terkait ekonomi. Poroshenko mengatakan People's Front telah menjadi rekan utama di koalisi parlemen.

''Pembicaraan akan dilangsungkan secepatnya untuk membentuk pemerintahan terbaik Ukraina,'' kata dia dalam konferensi pers.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement