Kamis 30 Oct 2014 13:24 WIB

Selandia Baru Akan Ganti Bendera Nasional

Rep: c84/ Red: Esthi Maharani
Bendera Selandia Baru
Foto: Annhira.com
Bendera Selandia Baru

REPUBLIKA.CO.ID, WELLINGTON -- Selandia Baru dilaporkan akan segera melakukan referendum ubah bendera. Referendum akan dilakukan dua tahap yang tujuannya mengubah atau mempertahankan bendera nasional dalam tempo dua tahun.

Pemungutan suara tahap pertama akan digelar tahun depan untuk menentukan bendera alternatif, berdasarkan beberapa pilihan yang disodorkan ke pemilih.

Tahap kedua referendum bendera akan berlangsung pada 2016, ketika warga Selandia Baru akan menentukan apakah bendera favorit tersebut seharusnya menggantikan bendera nasional saat ini.

"Bendera adalah simbol penting bagi identitas suatu negara dan saya yakin ini adalah waktu yang tepat bagi warga Selandia Baru untuk mempertimbangkan mengubah rancangan menjadi bendera yang lebih bisa mencerminkan status kita sebagai bangsa moderen dan independen," ujar Perdana Menteri John Key, Kamis (30/10).

Bendera Selandia Baru saat ini hampir sama dengan bendera Australia, yang juga pernah menjadi wilayah jajahan Inggris. Bendera menggambarkan lambang Union Jack dari Inggris Raya di sudut kiri atas dan empat bintang dengan latar berwarna biru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement