Jumat 31 Oct 2014 11:50 WIB

Buron 37 Tahun, Sutradara Roman Polanski Tertangkap di Museum Yahudi

Rep: c 91/ Red: Indah Wulandari
roman polanski
Foto: theguardian
roman polanski

REPUBLIKA.CO.ID,POLANDIA--Sutradara film Roman Polanski dibebaskan setelah diinterogasi oleh kejaksaan Polandia terkait kasus seksual di Amerika Serikat.

Polanski dicari-cari kepolisian Amerika sejak 1977 setelah kabur dari negara itu sebelum sempat dihukum karena berhubungan seks dengan anak perempuan berusia 13 tahun.

Pihak Amerika Serikat mengontak aparat Polandia saat Polanski menghadiri pembukaan sebuah museum Yahudi di Warsawa. Sutradara film The Pianist dan Chinatown ini diinterogasi di Krakow.

“Roman Polanski mengatakan dia akan mengikuti semua permintaan dari kejaksaan dalam kasus ini dan memberikan alamatnya,” kata jurubicara untuk Kementerian Kehakiman dan Kepolisian Mateusz Martyniuk, seperti dikutip dari BBC, Jumat, (31/10).

Martyniuk menjelaskan, kejaksaan memutuskan untuk tidak menahan sutradara film itu dalam hubungannya dengan permintaan esktradisi oleh Amerika Serikat. 

Pemerintah Polandia mengonfirmasi, Amerika Serikat telah mengontak pihak berwenang dan meminta mereka untuk menangkap Polanski setelah dia pergi ke Warsawa untuk menghadiri pembukaan Museum Sejarah Yahudi Polandia.

Martyniuk mengatakan ekstradisi atas Polanski masih mungkin dilakukan, tetapi pihak Amerika belum mengajukan permintaan ekstradisi, dan oleh karenanya Polanski masih menjadi warga yang bebas bepergian.

Polanski sendiri pernah ditahan di Swiss tahun 2009 setelah bepergian ke Zurich untuk menerima penghargaan dalam sebuah festival film.

Namun, upaya ekstradisi gagal dan Polanski dibiarkan kembali ke Prancis. Beberapa tahun belakangan, Polanski pergi ke Polandia beberapa kali dan terekam kamera televisi saat pembukaan Museum Sejarah Yahudi Polandia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement