Senin 03 Nov 2014 16:39 WIB

Pengangguran di Australia Diperkirakan Mencapai Puncaknya

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO,ID, MELBOURNE -- Bank ANZ menyebut  perbaikan yang cukup konsisten dalam survei bulanan soal iklan pekerjaan menandakan pengangguran di Australia sudah hampir memuncak. Survei Bank ANZ ini bisa menjadi prediksi tingkat pengangguran di masa mendatang, dengan melihat jumlah iklan-iklan lowongan kerja.

Pada bulan Oktober data yang dimiliki ANZ mendapatkan data adanya kenaikan hingga 0,2 persen dalam iklan lowongan kerja. Menurut pengamatan ANZ, jumlah iklan lowongan kerja telah mencapai 7,5 persen lebih tinggi dibandingkan dengan tahun yang sama, setahun lalu.

"Peningkatan pada iklan lowongan pekerjaan pada bulan Oktober menjadi tanda yang optimis akan adanya penyerapan tenaga kerja," ujar Kepala Ekonomis ANZ, Warren Hogan baru-baru ini.

Peningkatan lapangan pekerjaan yang meningkat terjadi tidak hanya di negara bagian Victoria, tetapi juga Australia Barat.

Sementara di New South Wales dan Tasmania, lowongan kerja relatif stabil. Sebaliknya, di Queensland, Kawasan Ibu Kota Australia, Australia Selatan, dan Kawasan Australia Utara iklan lowongan kerja malah menurun drastis.

Warren juga mengatakan dari data terbaru menunjukkan bahwa sektor non-pertambangan mulai mengisi kekosongan beberapa posisi akibat penurunan tajam di sektor pertambangan.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement