Senin 03 Nov 2014 16:38 WIB

Presiden AS dan Korsel Harapkan Bisa Bertemu di KTT ASEAN dan G20

Barack Obama
Foto: EPA/Olivier Douliery
Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Korea Selatan dan AS sedang melakukan berdiskusi untuk menyempatkan mengadakan pertemuan antar kedua kepala negara tersebut di sela-sela sejumlah pertemuan regional tahunan KTT ASEAN atau G20 yang akan datang.

Pertemuan kedua kepala negara tersebut rencananya akan di adakan di sela-sela KTT ASEAN yng diadakan di Nay Pyi Taw, Myanmar pada 12-13 November 2014 atau dalam pertemuan G20 di Brisbane, Australia, 15-16 November 2014, ujar seorang narasumber yang meminta namanya tidak disebutkan.

Selain itu, Presiden Korea Selatan Park Geun-hye dan Presiden AS Barack Obama dijadwalkan untuk menghadiri pertemuan regional Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Beijing, Cina, 10-11 November 2014.

Jika kedua kepala negara tersebut berhasil dipertemukan, maka diperkirakan akan membahas perkembangan terakhir di Semenanjung Korea, termasuk ketegangan yang disebabkan oleh kelompok-kelompok sipil Korea Selatan 'anti-Pyongyang' dalam selebaran propaganda yang tersebar di daerah perbatasan dan reaksi marah Korea Utara atas kampanye tersebut.

Masalah pertahanan dan keamanan juga diperkirakan akan menjadi agenda setelah kesepakatan bulan lalu antara sekutu untuk menunda pengambilalihan kontrol pasukan Seoul oleh Washington.

Park dan Obama terakhir bertemu di Seoul pada bulan April lalu.

Pertemuan bulan ini akan diawasi secara ketat atas adanya pernyataan bersama untuk Pyongyang terutama karena kedua pemimpin dijadwalkan untuk mengadakan pertemuan terpisah dengan Presiden Cina Xi Jinping di sela-sela KTT APEC.

Cina adalah sekutu utama Korea Utara dan penyumbang terbesar ekonomi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement