Rabu 05 Nov 2014 13:27 WIB

Republik Menangkan Pemilu Sela AS

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Julkifli Marbun
Bendera Amerika Serikat
Foto: anbsoft.com
Bendera Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Partai Republik memenangkan kontrol senat dalam pemilihan sela Amerika Serikat, Rabu (5/11). Partai Republik mampu meraih kemenangan di Arkansas, Colorado, Iowa, Montana, North Carolina, South Dakota dan West Virginia.

Pemimpin senat dari Republik Mitch McConnell akan memimpin senat. Partai tersebut juga akan memperkuat suara mayoritas di Majelis Rendah.

Selama kampanye, Republik memfokuskan diri pada pemilih yang tidak puas dengan Presiden Barack Obama. Republik menggambarkan pemilihan sela itu sebagai referendum atas kepemimpinan Obama.

Dikutip dari BBC, hasil penghitungan pertama keluar pada Selasa. Dalam hasil itu, jelas Republik merebut sepertiga dari 100 kursi di senat.

Penghitungan suara masih berlangsung di negara bagian di barat. Tampaknya Partai Republik akan dengan mudah memenangkan enam kursi yang diperlukan untuk memenangkan senat.

Salah satu hasil kunci awal terjadi di Kentucky dimana pemimpin minoritas senat Republik McConnell mengalahkan Alisaon Lundergen Grimes dari Demokrat. Dia kini menjadi pemimpin suara mayoritas di senat.

"Saya mendengar kekhawatiran anda. Itu menjadi kekhawatiran saya juga. Suara anda akan didengar di Washington," ujar dia.

Sejauh ini Demokrat memperoleh 45 suara atau 161 kursi. Sedangkan Republik mendapatkan 52 suara atau 237 kursi.

Ini merupakan pertama kalinya Republik memenangkan senat dan parlemen di kongres sejak 2006. Mereka kini memiliki kekuatan untuk mempersulit, bahkan menghentikan agenda Obama di dua tahun terakhir masa jabatannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement