Rabu 05 Nov 2014 17:39 WIB

Partai Republik Kuasai Senat AS

Logo Partai Republik AS
Foto: althistory.wikia.com
Logo Partai Republik AS

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Partai Republik meraih mayoritas dalam Senat Amerika Serikat Selasa dengan meraih kemenangan dalam pemilihan sela yang mengalahkan Partai Demokrat pimpinan Presiden Barack Obama.

Dengan kemenangan di North Carolina dan Iowa, partai Republik merebut setidaknya tujuh kursi Senat untuk menjamin setidaknya 52 kursi dari badan yang beranggotakan 100 orang itu, kata jaringan-jaringan TV.

Partai oposisi itu membutuhkan kemenangan enam kursi di Senat. Parta Republik juga akan menambah kursi mereka Dewan Perwaklan Rakyat (DPR) di mana mereka sudah mayoritas, kata jaringan TV itu .

Menutup hasil itu proyeksi televisi menunjukkan penantang Republik di North Carolina Thom Tillis menyingkirkan petahana Demokrat Kay Hagan, sementara Jodi Ernst dari partai Republik dikahalhan oleh Bruce Braley darp Demokrat.

Di Colorado, penantang Republik Corry Gardner kalah secara tidak terduga dari petahana Senator Demokrat Mark Udall, berdasarkan proyeksi-proyeksi itu.

Sebelumnya proyeksi-proyeksi jaringan TV menunjukkan kandidat-kandidat Republik mengalahkan Demokrat di Montana, Arkansas, South Dakota dan West Virginia.

Dengan menguasai kedua lembaga itu untuk pertama kali sejak tahun 2006, hasil itu merumitkan masa jabatan Presiden Obama yang tinggal dua tahun lagi.

Stasiun televisi CBS News memproyeksikan Republik akan meraih 245 dari 435 kursi DPR, sementara stasiun televisi NBC mengatakan partai itu akan menguasai 242 kursi.

Dalam pemilihan Senat sebelumnya memutuskan Republik menguasai West Virginia apabila Shelley Moore Capito meraih kemenangan untuk merebut kursi yang ditinggalkan oleh Hay Rockefeller dari Demokrat.

Di negara bagian Arkansas, penantang Republik Tom Cotton mengalahkan petahana Demokrat Senator Mark Pryor di negara bagian kampung halaman presiden Bill Clinton.

Dan di South Dakota, Mike Rounds dari Republik mengalahan Rick Weiland dari Demokrat untuk mengisi kursi Senator Demokrat Tim Johnson, kata proyeksi itu.

Kursi di Montana juga jatuh ketangan Republik,ketika Steve Daines menggulingkan Amanda Curtis dari Demokrat.

Di Kentucky, pemimpin minoritas Senat Republik Mitch McConnel terpilih kembali, kata proyesi-proyeksi itu.

Di Georgia, David Perdue diproyeksikan akan memperoleh lebih dari 50 persen suara.

Para kandidat Republik juga menguasai Kansas, dengan petahana Pat Roberts mengalahkan penantang independen Greg Orman, kata stasiun televisi CBS.

Dan satu penghibur bagi Demokrat,Senator Jeanne Shaheen terpilih kembali di New Hampshire, mengalahkan penantang Scott Brown, mantan senator Republik di Massachusetts.

Pertarungan di Virginia jauh lebih ketat ketimbang diperkirakan dengan Senator Mark Warner dari Demokrat dan penantangnya dari Republik Ed Gillespie bertarung ketat, kata jaringan-jaringan televisi.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement