Kamis 06 Nov 2014 04:50 WIB

Putin-Obama Takkan Bertemu di Sela-Sela APEC dan G20

Russian President Vladimir Putin (left) and US President Barack Obama during a group photo at the G20 Summit in St. Petersburg September 6, 2013.  (file photo)
Foto: Reuters/Kevin Lamarque
Russian President Vladimir Putin (left) and US President Barack Obama during a group photo at the G20 Summit in St. Petersburg September 6, 2013. (file photo)

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Juru Bicara Rusia mengungkapkan tidak ada jadwal pertemuan dwipihak Presiden Vladimir Putin dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama di sela-sela pertemuan puncak APEC dan G20 pekan depan.

"Tidak ada rencana pertemuan dwipihak untuk saat ini," kata juru bicara Dmitri Peskov, menurut kantor berita RIA Novosti, Rabu (5/11). Namun, dia menambahkan bahwa kontak informal di antara pemimpin Amerika Serikat dan Rusia itu tidak dikesampingkan.

Forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) akan diadakan di Beijing pada Senin dan Selasa, sementara pertemuan puncak G20 akan dilakukan di Australia beberapa hari kemudian, pada 15-16 November.

Meskipun awalnya ada keraguan terkait kehadiran Putin pada pertemuan puncak G20 karena keterlibatan Moskow dalam konflik di timur Ukraina, tempat lebih dari empat ribu orang telah tewas akibat pertempuran yang terjadi sejak April, pemimpin Rusia itu akan tetap hadir. Para pemimpin Barat diperkirakan akan menemui Putin.

Hubungan antara Rusia dan Amerika Serikat telah menegang sejak Perang Dingin setelah Moskow menganeksasi semenanjung Krimea Ukraina pada bulan Maret. Rusia dipersalahkan karena memicu perang antara Kiev dan kelompok separatis pro-Moskow, termasuk dengan mengirim pasukannya melintasi perbatasan.

Putin pada pertengahan Oktober menuduh Obama memusuhi Rusia, sementara Obama mengecam "agresi Rusia di Eropa" dalam pidatonya baru-baru ini di Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement