Sabtu 08 Nov 2014 22:30 WIB

Ukraina Tuduh Rusia Kirim Puluhan Tank ke Timur

Rep: Gita Amanda/ Red: Mansyur Faqih
Kekerasan di Ukraina
Kekerasan di Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Ukraina menuduh Rusia mengirimkan puluhan tank, senjata berat dan truk berisi pria bersenjata ke wilayah timur yang dikuasai pemberontak di negara itu.

Dilansir dari Aljazeera, Jumat (7/11), juru bicara militer Ukraina Andriy Lysenko mengatakan, setidaknya 32 tank dan 16 sistem artileri, serta 30 truk penuh dengan orang-orang bersenjata dan amunisi, menyeberangi timur Ukraina dari Rusia pada Kamis (6/11). 

Lysenko mengatakan, konvoi lain dengan tiga stasiun radar bergerak juga memasuki area yang sama. Lima tentara Ukraina telah tewas dan 16 terluka dalam 24 jam terakhir dalam bentrokan antara pasukan pemerintah dan pejuang pemberontak. Peristiwa tersebut menggarisbawahi keraguan atas gencatan senjata.

Ukraina dan Barat telah terus-menerus menuduh Moskow memicu pemberontakan pro-Rusia di timur dengan bantuan pasukan dan senjata. Tuduhan telah berulang kali dibantah oleh Rusia.

Rusia tidak berkomentar langsung terkait laporan Lysenko. Tapi sebelumnya Rusia kembali membantah tuduhan Barat Moskow mengerahkan lebih banyak pasukan di dekat perbatasan. Tidak ada cara untuk mengkonfirmasi klaim Ukraina secara independen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement