Selasa 11 Nov 2014 18:09 WIB

Tinggalkan Beijing, Jokowi Langsung Terbang ke Myanmar

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Esthi Maharani
Jokowi
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Seluruh rangkaian Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) CEO Summit 2014 yang digelar di Beijing, Tiongkok, telah selesai. Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta rombongan pun telah meninggalkan Beijing dan melanjutkan perjalanan ke Myanmar.

Di Myanmar, Jokowi akan menghadiri ASEAN Summit yang digelar di Kota Nay Pyi Taw.

"Di sana Pak Jokowi mungkin akan menjelaskan rencana yang lebih elaboratif tentang doktrin politik luar negeri Indonesia yang baru," ujar Sekertaris Kabinet Andi Widjajanto, sebelum berangkat ke Beijing mendampingi Jokowi.

Menurut Andi, mantan gubernur DKI Jakarta tersebut dijadwalkan akan berada di Myanmar selama dua hari. Selanjutnya, Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Brisbane, Australia untuk menghadiri KTT G-20.

"Di G-20 Pak Jokowi akan menjelaskan situasi ekomomi global dan bagaimana harapan Indonesia bagi negara-negara di G-20 itu," ujarnya.

Selama berada di Negeri Kangguru tersebut, Jokowi juga dijadwalkan akan bertemu secara khusus dengan Perdana Menteri Australia Tony Abbott dan Perdana Menteri Spanyol Mariana Rajoy.

Jokowi beserta rombongan dijadwalkan akan terbang kembali ke Indonesia pada Ahad sore mendatang (16/11).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement