Senin 17 Nov 2014 13:46 WIB

Hari ini, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Gelar Shalat Istisqa

Rep: c84/ Red: Agung Sasongko
Umat Muslim saat melaksanakan shalat Istisqa atau shalat sunah minta hujan.
Foto: Antara/Arief Priyono
Umat Muslim saat melaksanakan shalat Istisqa atau shalat sunah minta hujan.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah telah menyerukan umat Islam di Arab Saudi untuk berdoa meminta hujan, Senin (17/11). "Istisqa" atau shalat sunah meminta turunnya hujan, telah dicontohkan Nabi Muhammad SAW saat terjadi kekeringan atau tertunda hujan.

Kerajaan Arab Saudi juga menghimbau kepada umat Islam untuk bergabung dengan shalat sunah tersebut, melakukan perbuatan yang bermanfaat, istighfar dan memberikan sedekah kepada orang miskin.

Selain masjid besar di seluruh kerjaan, Masjid di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah juga akan melakukan ritual tersebut pada Senin ini. Doa-doa juga akan dilakukan di universitas dan sekolah-sekolah di seluruh Kerajaan.

Seorang pejabat dari Departemen Masjid di Kementerian Urusan Islam, Wakaf, Dawa dan Bimbingan mengatakan bahwa shalat ini akan dilakukan di masjid-masjid di mana sholat Ied biasanya diadakan.Dalam berita terkait, pejabat dari Saudi Wildlife Authority (SWA) mengatakan kepada Arab News bahwa hujan akan bermanfaat bagi tanaman. 

"Hujan akan menguntungkan satwa liar dan tanaman," katanya. "Dengan curah hujan yang baik musim ini, kami juga bisa berharap lebih pada produktivitas musim semi berikutnya," lanjutnya.

Ia mengatakan hujan akan meremajakan vegetasi dan padang rumput dan akan sangat menguntungkan satwa liar dengan tersedianya makanan dan air yang diperlukan untuk makanan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement