Selasa 18 Nov 2014 00:31 WIB

Pemimpin ISIS Pernah Jadi Pemain Sepak Bola Andal

Rep: cr02/ Red: Erdy Nasrul
Kelompok bersenjata ISIS.
Foto: AP
Kelompok bersenjata ISIS.

REPUBLIKA.CO.ID, BAGDAD- Sahabat pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi, Abu Ali mengatakan bahwa  al-Baghdadi  merupakan mantan pesepakbola handal saat ia masih remaja.

Tidak banyak orang yang mengetahui sosok Baghdadi hingga ia muncul dengan label terorisme bersama kelompok Islamic State (ISIS). Hal mengejutkan datang dari teman dekat al-Baghdadi sewaktu remaja. Mereka mengatakan bahwa pemimpin ISIS tersebut dulunya merupakan pemain sepak bola yang handal.

"Baghdadi memiliki bakat bermain sepak bola seperti Lionel Messi," ujar Ali seperti dikutip the Telegraph, Selasa (11/11) lalu.

Ali mengungkapkan bahwa sebagai pemain bola, Baghdadi merupakan yang terbaik di timnya. Namun kini Bahdadi telah menjelma menjadi orang yang paling dicari di dunia karena aksinya bersama ISIS.

The Telegraph mengungkapkan bahwa Baghdadi berubah merupakan sosok yang pemalu, tidak mengesankan, siswa yang taat. Tapi kini ia telah  menjadi seorang ekstremis dan membangun reputasi setara Osama bin Laden. Baghdadi lahir dari keluarga ulama dan menghabiskan waktu kecilnya di Samarra, Baghdad. Selanjutnya, Baghdadi menyelesaikan pendidikan S1 dan gelar S2, serta pada akhirnya meraih gelar PhD di Islamic University.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement