Selasa 18 Nov 2014 07:51 WIB

Rusia Usir Diplomat Jerman dan Polandia

Bendera Rusia
Foto: forbes.com
Bendera Rusia

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia pada Senin (17/11) mengatakan telah mengusir diplomat Jerman dan Polandia. Tindakan itu disebutnya sebagai 'tindakan tanggapan'.

"Pemerintah Polandia melakukan tindakan tak bersahabat dan tanpa dasar. Oleh karena itu, Rusia telah melakukan tindakan tanggapan yang sesuai," kata Kementerian Luar Negeri Rusia di dalam satu pernyataan, Selasa (18/11). Ditambahkannya, diplomat Polandia tersebut sudah meninggalkan Rusia.

Baik Moskow maupun Warsawa tak mengungkapkan jumlah diplomat yang diusir, meskipun media setempat menyatakan tiga atase militer Polandia dan seorang pegawai bagian politik telah terpengaruh oleh keputusan tersebut.

Pada Jumat (14/11), Moskow memberi para diplomat itu waktu 48 jam untuk meninggalkan negeri tersebut. Pada awal tahun ini, Warsawa membatalkan sejumlah acara kebudayaan bersama dengan Moskow, yang dijadwalkan digelar pada 2015, dan pada Oktober mencabut akreditasi seorang wartawan Rusia yang bekerja di Warsawa.

Pada Sabtu (15/11), Rusia juga mengusir seorang perempuan diplomat Jerman sebagai reaksi pembalasan atas "tindakan tak bersahabat" yang tidak dijelaskan oleh Pemerintah Jerman terhadap seorang pejabat Rusia yang tak disebutkan jatidirinya di Bonn.

Hubungan antara Rusia dan negara utama Eropa telah tegang sehubungan dengan krisis yang belum diselesaikan di Ukraina.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement