Rabu 19 Nov 2014 03:53 WIB

Bank Dunia Usulkan Dana Global untuk Kasus Ebola

Rep: c85/ Red: Chairul Akhmad
Jim Yong Kim.
Foto: Reuters/ca
Jim Yong Kim.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN — Kepala Bank Dunia Jim Yong Kim memperingatkan bahwa wabah Ebola di Afrika Barat bisa memicu kelaparan di kawasan tersebut. Kim kemudian menyerukan pembentukan dana darurat internasional untuk epidemi Ebola ini.

Seperti dilansir oleh surat kabar bisnis Jerman Handelsblatt, Kim mengatakan, satu dari empat petani di negara-negara yang paling terdampak Ebola seperti Liberia, Sierra Leone, dan Guinea telah berhenti menanami ladang mereka. "Dalam satu tahun, kita bisa bergulat dengan kelaparan," katanya, Selasa (18/11).

Kim menyerukan kesepakatan global, yang diatur oleh Bank Dunia atau organisasi lain untuk menyediakan dana dalam kasus darurat pandemi.

Dia mengatakan proyek ini bisa berjalan dengan menggunakan bantuan dari Dana Moneter Internasional (IMF) atau Bank Dunia untuk negara-negara yang dilanda oleh krisis keuangan atau bencana alam, yang dibiayai oleh negara-negara anggota.

"Negara-negara kaya berkomitmen untuk berbuat lebih, menolong yang miskin. Tapi semua pihak bisa memainkan peran mereka," ujar Kim. Kim sendiri berjanji akan menyelesaikan permasalahan ini segera selama dia menjabat.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan pada Jumat (14/11), bahwa wabah Ebola—hampir seluruhnya berada di Afrika Barat—telah menewaskan 5.177 orang dan menginfeksi sekitar 14.500 sejak Ebola muncul di Guinea pada bulan Desember tahun lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement