Rabu 19 Nov 2014 09:52 WIB

Parlemen Spanyol Desak Pemerintah Akui Negara Palestina

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Julkifli Marbun
Dukungan dunia untuk Palestina/ilustrasi  (Republika/ Tahta Aidilla)
Dukungan dunia untuk Palestina/ilustrasi (Republika/ Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Anggota Parlemen Spanyol meminta pemerintahnya untuk mengakui Palestina sebagai sebuah negara yang merdeka. Langkah ini diambil setelah negara-negara Eropa lainnya melakukan hal serupa.

Dilansir dari AlJazeera Pengambilan keputusan ini ditetapkan setelah parlemen Spanyol melakukan pemungutan suara dengan 319 anggota mendukung, dua menolak dan satu abstain. Gerakan ini diajukan oleh partai oposisi Sosialis agar pemerintah yang didukung konservatif mengakui Palestina dan segera berkordinasi dengan Uni Eropa.

Ini merupakan gerakan simbolik yang telah menggema sejak Oktober lalu, dimana Inggris dan Irlandia telah lebih dahulu mengakui Palestina. Keputusan parlemen bulat setelah Partai Rakyat yang sedang berkuasa kehilangan alasan untuk menolak.

Partai Sosialis Spanyol membawa pernyataan tanpa kekuataan hukum untuk mengakui negara Palestina. Ini membuat marah pemerintah Israel. Anggota Partai Rakyat Beatriz rodriguez Salmones mengatakan tidak akan membuat secara sepihak negara Palestina saat Israel sedang sakit hati.

"ini bukan waktu yang tepat untuk meminta pengakuan sepihak,"ujar dia. Perdamaian dan hidup berdampingan dengan damai antara dua negara merupakan hal yang utama.

Menteri Luar Negeri Jose Manuel Garcia Margallo yang menghadiri perundingan mengatakan pemerintah berkomitmen untuk mendukung perunidingan kedua belah pihak agar tercipta perdamaian, stabilitas dan mengembalikan kondisi daerah yang selama ini menderita konflik dalam waktu yang lama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement