Kamis 20 Nov 2014 01:49 WIB

Kecelakaan Minibus di Cina Renggut Nyawa 11 Siswa TK

Bus sekolah yang  rusak. Ilustrasi
Foto: AFP
Bus sekolah yang rusak. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Sebelas murid Taman Kanak-Kanak dilaporkan meninggal dunia akibat minibus yang mereka tumpangi menabrak sebuah truk di Cina timur Selasa (18/11) waktu setempat.

Media pemerintah, Xinhua, melaporkan tabrakan terjadi pada sekitar pukul 08.00 waktu setempat. Sopir minibus, yang  membawa 14 anak tersebut juga hilang nyawa.

Xinhua mengutip polisi setempat mengabarkan, bus kelebihan beban pada saat peristiwa terjadi. Mestinya bus itu dimaksudkan untuk membawa delapan penumpang.

Serentetan kecelakaan bus sekolah di Cina telah memicu kemarahan publik atas transportasi aman untuk anak-anak, terutama di negara bagian di mana banyak pasangan yang diizinkan untuk hanya memiliki satu anak.

Pada Juli, 11 penumpang, termasuk anak-anak TK dan guru, tewas ketika bus mereka jatuh ke dalam selokan di Tiongkok selatan. Delapan anak tewas dalam kecelakaan bus di pulau Provinsi Hainan pada April.

Pada tahun 2011, sebuah protes nasional meletus atas kematian 18 murid taman kanak-kanak setelah truk batubara menabrak van sekolah mereka yang penuh sesak di barat laut Tiongkok. Peristiwa itu mendorong Perdana Menteri Wen Jiabao menjanjikan dana lebih pemerintah untuk layanan bus sekolah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement