Kamis 20 Nov 2014 08:23 WIB

Ini Cara Kampanye Melawan Virus Ebola Ala Pesepak Bola Dunia

Rep: sonia fitri/ Red: Damanhuri Zuhri
Cristiano Ronaldo.
Foto: Reuters
Cristiano Ronaldo.

REPUBLIKA.CO.ID, AKRA -- Langkah penangkalan penyebaran virus ebola terus digalakan warga dunia. Termasuk oleh para pemain sepak bola top dunia.

Mereka bergabung dengan Badan Sepak Bola Dunia FIFA, Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) dalam rangka meningkatkan kesadaran global dan mempromosikan langkah-langkah pencegahan sederhana untuk memerangi Ebola.

“Kami mengkampanyekan 11 cara melawan Ebola serta 11 pesan kesehatan didampingi dokter dan ahli kesehatan dari Afrika, Kelompok Bank Dunia dan Organisasi Kesehatan Dunia yang menangani wabah di Afrika Barat,” kata sebuah pernyataan yang diterbitkan FIFA sebagaimana dilaporkan On Islam dan dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Kampanye yang diluncurkan 17 November 2014 tersebut menampilkan pemain dari klub sepak bola, di antaranya Real Madrid Cristiano Ronaldo, Barcelona Neymar Jr, Chelsea Didier Drogba dan Bayern Munich Philipp Lahm.

Mereka membantu dengan berbagi pesan melalui bantuan film animasi, konten radio, spanduk, poster dan gambar. “Bersama-sama, kita bisa mengalahkan Ebola.”

Itulah slogan yang digaungkan bersama hashtag #wecanbeatebola di dunia maya sebab kampanye juga menyentuh bidang multimedia.

Misalnya, pemain berbagi pesan sederhana seperti “Laporankan penyakit yang tidak biasa” atau seruan agar memasak daging dengan benar.

“Kampanye ini penting agar informasi yang benar sampai ke masyarakat terutama mereka yang terkena wabah Ebola,” kata mega bintang Barca, Neymar Jr.

Ditambahkannya, kampanye positif tentang perlawanan virus ebola akan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap virus Ebola dan membantu mengurangi kemungkinan menyebarnya penyakit yang sudah banyak memakan korban jiwa itu.

sumber : mi'rajnews.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement