Sabtu 22 Nov 2014 11:48 WIB

Meksiko Dukung Obama Legalkan Imigran Gelap

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Julkifli Marbun
Barack Obama
Foto: ap
Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, MEKSIKO -- Presiden Meksiko bersama seluruh pemimpin Amerika TEngah dan Selebriti Latin mendukung Presiden AS Barack Obama untuk melindungi jutaaan migran gelap dari deportasi.

Dilansir dari AFP Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto mengapresiasi langkah Obama tersebut. "Ini adalah tindakan yang berkeadilan, wujud penghargaan bagi jutaan orang Meksiko yang telah berkontribusi untuk kemajuan negara tetangga di Amerika Utara,"ujar dia.

Pejabat Meksiko dan Amerika berjanji akan menyediakan informasi tentang program Obama pada warga negaranya melalui konsulat mereka di Amerika. Sekjen Organisasi Negara- Negara AMerika memuji keberanian pemerintah AS untuk memberikan keadilan yang selama ini ditunda.

Dukungan kebijakan Obama juga diberikan ketika Latin Grammy Award di Las Vegas. Penyanyi Kolombia Carlos Vives memuji kebijakan Obama yang peduli pada warga Amerika Latin.

Obama mengumumkan akan memberikan lima juta dokumen perlindungan bagi imigran gelap agar tidak dideportasi. Langkah ini sebagai perlawanan dari Partai Republik.

Pemerintah AS akan memberikan bantuan selama tiga tahun bagi mereka yang telah tinggal di Maerika lebih dari lima tahun. Mereka yang telah memiliki anak-anak akan diakui sebagai warga Amerika atau penduduk legal.

Sebanyak 44 persen dari 11 juta orang merupakan imigran yang akan mendapatkan keuntungan dari kebijakan ini. Sebagian besar dari mereka berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah yang telah lama tinggal di Amerika secara ilegal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement